Rabu, 15 Maret 2017 | By: Tuxedo Kamen

Pendidikan Sekuler : Split Personality

Apaan tuh? Split itu bukan salah satu gaya olahraga. Split personality itu semacam kepribadian yang dimiliki oleh seseorang yang ga nyambung antara pemahaman dan tingkah lakunya. Secara sederhana ya seperti contoh diatas. Dia tahu berkerudung itu wajib, tapi sekedar mengetahui tapi tidak mengamalkan dengan penuh kesadaran bahwa itu adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan dengan penuh kesadaran, keikhlasan dan tanpa paksaan.

Kalau di sekolah kita kan ada nilai kognitif sama psikomotorik, nah, mirip-mirip itu deh. Ada teman kita yang punya nilai kognitif bagus tapi ngga selamanya nilai psikomotoriknya juga bagus. Itulah kondisi yang saat ini terjadi. Maka banyak teman kita yang nilai agamanya nyaris sempurna tapi tidak dalam kehidupannya sehari-hari.

Bro n sist, ternyata ini ngga hanya terjadi di Indonesia, negara yang kita kira kece badai pelajar-pelajarnya dalam hal teknologi, dsb, ternyata tidak selamanya berkorelasi dengan baiknya perilaku mereka. Sebagai contoh, negara Singaparna, eh Singapur ama Jepang, ternyata banyak loh pelajar dan mahasiswanya yang melakukan bunuh diri. Kok bisa ya begitu? Ya bisa aja, karena mereka sudah terlebih dahulu mensekulerkan negara dan dirinya. Artinya, mereka udah terbiasa meniadakan Tuhan dalam pengaturan hidup mereka. Catet yaaa... sekuler itu artinya meniadakan Tuhan dalam kehidupan. Maka wajar saja, jika pemahaman agama yang dimiliki hanyalah sebagai formalitas atau konsep-konsep yang cukup dihapalkan saja, di luar kepala lagi alias memang tidak tersimpan di dalam kepala mereka.

Maka wajar aja jika saat ini bejibun permasalahan mendera pelajar masa kini. Kalau mau ditulisin ngga bakalan cukup di media kesayangan kamu ini. But, ada fakta yang cukup mencengangkan nih. Belum lama, di Jakarta, Polsek Tamansari membongkar praktik prostitusi anak di bawah umur. Salah satu korban yang dijadikan PSK (pekerja seks komersil) adalah seorang siswi yang berprestasi di sekolahnya.

(https://news.detik.com/berita/3407656/salah-satu-abg-yang-dijadikan-psk-di-tamansari-murid-berprestasi).

0 komentar:

Posting Komentar