Minggu, 27 Januari 2013 | By: Tuxedo Kamen

Mencari Kata Error Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Dalam tulisan kali ini saya ini sedikit membahas tentang Tips n Trik mencari kata-kata error dalam kalimat English. Berdasarkan pengalaman saya ngajar English kebanyakkan para siswa/i ketika ditanya, "materi apa dalam English yang puuuuuaaaaaaaaalllllllliiiiiiiiinnnnnnnggggggggggg Suuuuusssssssaaaaaaaaaaaaahhhh...??" mereka serentak menjawab ERROR. Heheheee... Saking errornya sampe mereka pun jadi error juga ^_^ 

Well... sebenernya klo qt ketemu sama kata error in English, jangan sampe qt ikutan jadi error walhasil klo kalimat english udah error trus qt juga jadi error hasilnya?? ERROR + ERROR = Ancur, bener apa betul??
Nah disini saya ingin memberikan sedikit tips dalam mencari kalimat error, here we go...

Sebenarnya jika qt paham tentang bentuk-bentuk waktu dalam bahasa Inggris maka itu bisa jadi modal kita dalam mencari kata error dalam bahasa Inggris, sebagaimana yang kita tahu bahwa dalam bahasa Inggris ada tiga macam bentuk waktu yaitu, Past Tense (waktu lampau), Present Tense (waktu sekarang) dan Future Tense (waktu akan datang) dan bentuk-bentuk kalimat dalam bahasa Inggris selalu dipengaruhi bentuk waktunya.

Contoh

1. I go to school 
Kata kerja atau Verb "Go" pada kalimat diatas menunjukkan bentuk Present Tense (Waktu Sekarang)

2. I went to school
Kata kerja atau Verb "Went" pada kalimat diatas menunjukkan bentuk Past Tense (waktu lampau)

3. I will go to school
Kata kerja atau Verb "Will Go" pada kalimat diatas menunjukkan bentuk Future Tense

Karena itu hal yang perlu diperhatikan pertamakali ketika mencari kata error dalam kalimat bahasa Inggris adalah memperhatikan bentuk waktu pada kalimat tersebut.

Contoh, 

My mother has been a dentist since she is 25 years old. Now she is 50 years old. She decided to resign from her job last week

Kata yang error dalam kalimat tersebut adalah "is" kenapa kata "is" salah? Hal tersebut dikarenakan is adalah bentuk Present Tense (waktu sekarang). Sementara kalimat pertama di soal tersebut bentuknya adalah Past Tense (waktu lampau). Perhatikan kalimat "My mother has been a dentist" kata has been adalah bentuk Past Tense (waktu lampau) maka tentu tidak mungkin jika disitu terdapat kata "has been" dan dikalimat yang sama terdapat bentuk kata "is" yang merupakan bentuk waktu Present Tense.

Maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah, mencari BENTUK WAKTU dalam kalimat error tersebut. Bagaimana kita mengetahui bentuk waktu jika tak ada kata keterangan yang menunjukkan waktu? Caranya adalah dengan melihat bentuk Verb nya, apakah Verb nya bentuk pertama, kedua ataukah bentuk ketiga.

Setelah Mencari bentuk waktu, langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan bentuk kalimatnya apakah bentuknya singular ataukah plural. 

Contoh, 

This books are mine

Kata yang error dalam kalimat tersebut diatas adalah kata "This" kenapa? karena kata "This" adalah menunjukkan bentuk singular sementara kalimat diatas adalah kalimat plural (jamak).
Perhatikan pada kalimat berikut ini, "This books are mine" kata "Books" dan ToBe "are" pada kalimat tersebut bentuknya adalah plural (jamak). Maka jawaban yang benar pada kalimat tersebut seharusnya adalah "These books are mine". Maka langkah kedua yang perlu diperhatikan setelah mencari bentuk waku adalah dengan mencari bentuk kalimatnya. 

Langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan Pola Kalimatnya, walaupun untuk menganalisa pola kalimatnya dapat dikatakan cukup sulit tapi dengan latihan dan latihan maka akan menjadi mudah

Contoh,

I don't know with who she goes

Kata yang error dalam kalimat tersebut adalah kata "who" kenapa kata tersebut salah? Hal ini dikarenakan dalam kalimat tersebut ada tiga orang. Kata "Who" digunakan untuk  menunjukkan orang pertama sementara  disitu penunjukkannya kepada orang ketiga yaitu orang yang pergi dengan "she". Maka jawaban yang benar untuk kalimat tersebut adalah "I don't know with Whom she goes" sebab kata Whom digunakan untuk menunjukkan orang ketiga.

Untuk memahami pola kalimat dalam bahasa Inggris sebaiknya Anda juga mempelajari tentang Part of Speech yang insya Allah akan saya bahas pada tulisan lain.

Demikian dan semoga bermanfaat ^_^

4 komentar:

agung sohack mengatakan...

terimakasih, semoga bermanfaat .

Tuxedo Kamen mengatakan...

Sama2 :)

Unknown mengatakan...

would you like me doing some thing ,sir ?

Unknown mengatakan...

trm ksih ilmuny brmnfaat bgi sy

Posting Komentar